Ingin Membuat Dapur Sendiri? Ini Dia Cara Membuat Meja Dapur Cor Simple dan Mudah

Dalam sebuah rumah, selain kamar mandi, ruang dapur merupakan salah satu bagian rumah yang sangat penting. Sebab segala kegiatan yang berhubungan dengan urusan perut diolah di tempat ini. Karenanya, mulai dari kenyamanan, keamanan, hingga kebersihan dapur harus terjaga dengan baik karena dapur yang rapi mencermikan anggota keluarga yang bersih dan sehat. Bukan saja alat masak yang harus selalu diperhatikan kebersihannya, namun tiap-tiap komponen yang menyusun dapur itu sendiri pun harus diperhatikan. Salah satunya adalah keberadaan meja dapur. Meja dapur kerap menjadi pusat perhatian bagi siapa saja yang ada di rumah karena disanalah titik poin seputar masak-memasak dilakukan. Oleh karenanya, Anda harus menjaga kenyamanan meja dapur. Anda juga bisa membuatnya sendiri yang akan kami pandu cara membuat meja dapur cor sederhana dan mudah.

Sebenarnya ada banyak cara membuat meja dapur, tidak hanya dengan cara dicor. Ada cara membuat meja dapur dari kayu, stainless, alumunium, bahkan dari bahan triplek. Namun, meja dapur cor hingga kini masih menjadi favorit banyak orang.
Cara Membuat Meja Dapur Cor
foto:hederhouseworking.blogspot.com
Ada banyak alasan yang menjadi penyebab orang-orang membuat kitchen set beton, seperti:

•    Dari segi ketahanan dan kekuatan, pembuatan meja dapur dengan cara dicor lebih kuat, kokoh, dan tahan lama.

•    Bahannya tidak mudah lapuk ataupun termakan rayap

•    Desain meja dapur beton lebih elegan dan menarik dari model lainnya. Bahkan, untuk membuat tampilannya menjadi lebih menarik, Anda bisa menambahkan keramik, marmer, ataupun granit untuk lapisan permukaannya.

•    Tahan terhadap tumpahan bumbu-bumbu dapur, terutama yang bersifat cair, seperti cuka, kecap, dan sebagainya.

•    Jika terkena tumpahan bumbu-bumbu dapur atau cairan lainnya, permukaan dapat dengan mudah dibersihkan. Dari sini dapat disimpulkan perawatannya memang lebih mudah.

Perhatikan Hal-hal Berikut Ini Sebelum Cara Membuat Meja Dapur Cor

Sebelum memulai pembuatan meja dapur cor di rumah Anda, ada banyak hal yang harus diperhatikan, yaitu beberapa hal yang berikut ini:

1.    Siapkanlah terlebih dahulu gambar meja dapur cor sesuai dengan desain pilihan sang pemilik. Usahakan memilih desain yang mengutamakan kenyamanan anggota rumah yang akan menggunakan dapur tersebut.

2.    Sesuaikan desain dapur dengan lokasi dan luas dapur Anda. Biasanya desain yang dibuat adalah meja dapur cor minimalis berbentuk L atau lurus.

3.    Sesuaikan ketinggian meja dapur yang akan dicor. Sesuaikanlah ukuran standar meja dapur dengan pemakainya. Sebab, nantinya akan ada banyak aktivitas yang dilakukan di dapur oleh sang tuan rumah yang tentu saja membutuhkan kenyamanan.

4.    Jika permukaan meja menggunkaan keramik, keramik harus disusun rapat. Sedangkan, jika menggunakan granit bisa dipertimbangkan utuk dipasangkan anti gores. Pilihlah keramik dan granit yang teksturnya mengkilat dan halus agar emudahkan pembersihan.

Cara Membuat Meja Dapur Cor Sederhana

Setelah menentukan desain dan ukuran meja dapur keramik, selanjutnya Anda bisa langsung membuat meja dapur cor. Berikut ini langkah-langkah pembuatannya:

1.    Apabila pembuatan dapur rumah Anda merupakan dapur baru, Anda bisa langsung memulai pembuatan kerangka cor sebelum mengecat dinding dapur. Namun, apabila dinding yang digunakan untuk menempelkan meja dapur cor merupakan dinding lama, maka Anda harus membersihkan terlebih dahulu dinding, cat, dna plamiran pada bagian yang akan ditempelkan meja dapur cor. Jangan lupa untuk membobok bagian plester lama agar adukan cor dan keramik menempel sempurna pada dinding.

2.    Anda bisa langsung memulai pembuatan setelah mengukur ketinggian meja dapur cor yang diinginkan dan telah disesuaikan dengan tinggi badan pemakai. Jika mengukur dari tinggi rata-rata orang Indonesia, yaitu sekitar 160 cm. Berarti buat wastafel sekitar ukuran 80 cm, sementara untuk meja kompor sekitar 65 sampai 70 cm. Tinggi ini termasuk perhitungan setelah dipasangkan keramik. Artinya, Anda juga harus mempertimbangkan ketebalan keramik atau granit yang dipilih.

3.    Sangat disarankan untuk memilih lokasi meja disudut ruangan dapur, baik meja dibentuk lurus ataupun berbentuk L. Hal ini difungsikan agar dapur dekat dengan ventilasi dan lebih terlihat rapi. Namun, hal ini merupakan pilihan pengguna.

4.    Untuk sanitasi, gunakan pipa berukuran ½ inci yang nantinya akan ditanam dan ditutup dengan keramik. Pastikan pengeleman rata dan sempurna untuk menghindari adanya kebocoran dikemudian hari. Pastikan lakukan pengetesan sebelumnya untuk memastikan pipa betul-betul telah tertanam sempurna.

5.    Mulailah buat bekisting (cetakan sementara yang digunakan untuk menahan beton selama penuangan dan pembentukkan beton) dari papan kayu dengan ukuran 60 cm untuk meja kompor dan untuk meja cuci piring sekitar 70 cm.

6.    Pasang behel berdiameter 8 mm dan sesuaikan dengan ukuran dan panjang meja dapur yang akan di cor.

7.    Sisakan behel untuk bagian bawah wastafel. Pada bagian ini Anda tidak perlu memasang besi secara penuh, melainkan hanya pada bagian sisi kanan-kiri dengan arah memanjang.

8.    Behel bangunan dibuat dengan cara dianyam. Setelah selesai menganyam, tutup bagian pinggir dengan papan yang telah diatur dan disesuaikan ketinggiannya.

9.    Kemudian, Anda bisa langsung melakukan pengecoran dengan komposisi bahan yang benar. Perbandingan semen, pasir, dan koral untuk membuat coran ini adalah 1:2:3.

10.    Setelah pengecoran selesai dilakukan, biarkan hingga semalaman. Barulah keesokan harinya dipasangkan dengan keramik atau granit, sesuai dengan keinginan pemakai dapur.

Pemasangan Keramik Setelah Cara Membuat Meja Dapur Cor

Setelah keesokan harinya dilihat cor sudah mengering dan kokoh, barulah Anda bisa memulai proses pemasangan keramik ataupun granit. Pemasangan keramik dilakukan agar meja dapur terlihat semakin menarik. Tentunya, cara ini tidak perlu dilakukan jika yang dilakukan adalah cara membuat meja kompor dari kayu. Berikut ini adalah langkah-langkah pemasangan keramik pada meja dapur cor:

1.    Bersihkan keramik dengan cara direndam ataupun menggunakan selang air.

2.    Ukur ketinggian meja dapur yang telah dicor dan tandai dengan paku, lalu pasangkan benang sesuai dengan ukuran keramik. Ketebalan keramik termasuk adukan adalah 3 cm, karenanya ukur dengan benar ketebalannya.

3.    Mulai pasangkan keramik mulai dari pinggir meja. Usahakan agar nat permukaan meja sejajar dengan nat pada dinding dan lantai agar terlihat rapi dan profesional. Jika memang harus dilakukan pemotongan keramik, lakukanlah di tahap akhir pemasangan. Perhatikan kerapian dan kehalusannya. Lakukan pemotongan di luar ruangan agar sampah sisa gerinda tidak mengotori seisi ruangan.

4.    Tahap selanjutnya, bongkar bekisting perlahan dan hati-hati karena salah-salah bisa merusak cor-coran. Plester bagian dalam meja dapur, kemudian lakukan plamir dan pengecatan.

5.    Jangan lupa pula untuk memasangkan keramik pada sisi depan meja yang bersinggungan langsung dengan perut pengguna dapur. Ketebalan keramik pada bagian ini kira-kira sekitar 4-5 cm.

6.    Apabila semua keramik telah terpasang dengan sempurna dan mengeras, isi nat menggunakan grout sesuai dengan warna keramik atau sesuai dengan variasi yang Anda inginkan.

7.    Tahap terakhir adalah tahap penyempurnaan, yaitu dengan pemasangan wastafel, kran air, dan lain sebagainya.

Post a Comment for "Ingin Membuat Dapur Sendiri? Ini Dia Cara Membuat Meja Dapur Cor Simple dan Mudah"